Minggu, 07 April 2013

Materi Spesial Efek



Special Effect
Special effect atau SFX adalah menciptakan suatu adegan atau peristiwa yang dilakukan secara nyata (sebenarnya) dan merupakan adegan berbahaya pada proses pembuatannya. Pada dasarnya proses pembuatan special effect tidak berbahaya tetapi kita saja yang harus berbahaya. Namun ada juga yang berbahaya misalnya efek ledakan, pada proses pembuatannya kita harus memakai masker agar kita tidak terkena racun dari bahan yang digunakannya . Pada saat mau meledakannya juga kita harus selalu berhati-hati karena kalau  kita tidak berhati-hati bias juga kita yang terkena dari ledakan tersebut. Special effeck atau SFX juga merupakan suatu proses  yang wajib atau harus ada pada proses pembuatan film kolosal misalnya dalam adegan berkelahi jadi kita harus tambahkan efek debu agar menarik untuk dilihatnya atau bisa juga ditambahkan efek terbang misalnya pada adegan orang yang melayang di udara kita harus tambahkan efek terbang. Jadi pada dasarnya special effect atau SFX banyak macamnya. debu, efek asap, special trick. Dalam proses penger jaannya juga berbeda beda.
Efek Ledakan adalah efek yang digunaklan pada dalam proses pembuatan film kolosal dan dalam pembuatan efek ledakan kita juga harus harus mengukur apakah ledakannya bisa berbunyi atau tidak kita harus mengetes dulu menggunakan multitester  apakah menyala atau tidak kita harus mengukurnya. Walaupun dalam computer bisa juga membuatnya namun kalau menggunakan computer tidak seperti ledakan aslinya dan kalau membuatnya sendiri secara manual itu lebih menarik dan terlihat nyata tidak seperti animasi  dibandingkan  menggunakan computer itu terlihat animasinya .
Efek terbang  adalah efek yang digunakan ketika orang melayang di udara. Pada efek ini kita harus membutuhkan orang banyak untuk membantu dalam proses pembuatan efek terbang. Dalam membuat efek terbang kita juga harus membutuhkan tali sling atau tali yang digunakan untuk menarik orang agar bisa terbang. Dalam pembuatan efek terbang kita harus memerhatikan betul-betul di monitor apakah ada yang terlihat slingnya atau tidak. Dalam membuat efek terbang kita juga harus melihat kondisi yang ada misalnya siang atau malam. Kalau siang tali slingya jangan diberi warna hitam karena pada waktu siang hari cahaya yang memancar terlihat cerah jadi tali slingnya jangan di beri warna hitam, dan kalau pada waktu nmalam hari cahaya yang terlihat gelap jadi kita harus member warna pada tali slingnya yaitu warna hitam.
Efek debu adalah efek yang digunakan dalam proses berkelahi dan biasanya efek ini digunakan dalam proses pembuatan film kolosal. Efek ini juga bisa mempengaruhi baik tidaknya film. Jadi efek debu ini berpengaruh penting dalam pembuatan film kolosal.
Efek angin merupakan efek yang bisa digunakan untuk membuat angin buatan. Dalam proses pembuataan efek angin tersebut kita harus membutuhkan alat. Alat yang biasa digunakan untukmembuat efek angin adalah blower. Efek angin tersebut biasa digunakan dalam proses pembuatan film kolosal, namun efek angin tersebut bisa juga digunakan dalam proses pembuatan film modern juga. Efek angin ini fungsinya untuk memperindah misalnya rambut birkibas-kibas atau juga dalam pembuatan film kolosal efek angin ada hubungannya juga dengan efek debu.
Efek asap adalah efek yang biasa digunakan dalam film horror namun dalam film kolosal pun juga sering digunakan. Efek asap kalau dalam film kolosal ada hubungan erat dengan efek ledakan, misalnya kalau habis efek ledakan mesti ada efek asap jadi efek asap dan efek ledakan saling terkait satu sama lain. Efek asap kalau dalam film horor itu untuk menambah nuansa seram. Efek ini merupakan efek terpenting dalam proses pembuatan film horor.
Efek trik adalah efek yang digunakan untuk memanipulasi suatu kejadian pada suatu adegan. Dalam efek trik ini misalnya panah meluncur, keris terbang dan lain sebagainya. Itu juga harus menggunakan benang supaya keris bisa terbang dan panah itu bisa meluncur.
Jadi dalam special effeck ada berbagai macam efek, yaitu efek ledakan, efek terbang, efek angin, efek debu, efek asap, special trick. Dalam proses penger jaannya juga berbeda beda. Spesial  efek digunakan untuk meningkatkan dampak suatu objek terhadap indra manusia. Objek tersebut bisa berupa tontonan gambar atau pertunjukan. Ada beberapa kegunaan special efek yaitu :
1.      Spesial efek digunakan untuk meningkatkan kualitas film yang sedang diambil dengan cara menambahi element yang ada dalam film.
2.      Spesial efek digunakan untuk menambah daya tarik dalam sebuah film
3.      Spesial efek juga digunakan untuk menambahi suatu adegan agar terlihat ekstrim
Jadi apapun bentuknya special efek digunakan untuk meningkatkan dampak suatu objek terhadap indra manusia. Dengan demikian special efek diharapkan bisa meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap objek tersebut.

1 komentar:

  1. Materi Spesial Efek - Wasruhan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Materi Spesial Efek - Wasruhan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Materi Spesial Efek - Wasruhan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Mq

    BalasHapus